SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
VIRTUAL
OFFICE ( KANTOR MAYA )
Disusun
Oleh :
LILIANI
NANDA SASMITA
C1B112006
S1
– MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS
LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2015
VIRTUAL
OFFICE
( KANTOR MAYA )
Informasi adalah salah satu dari lima jenis utama
sumber daya yang dapat
dipakai oleh manajer. Semua sumber daya termasuk informasi dapat dikelola. Pengelolaan informasi semakin
penting seiring dengan rumitnya kegiatan
bisnis yang setiap saat membutuhkan informasi yang akurat dan demi pelayanan yang memuskan pada para
pelanggan. Pengelolaan informasi juga
lebih menantang sejalan dengan perkembangan kemampuan komputer saat
ini.
Output komputer digunakan oleh berbagai pihak untuk
bahan pengambilan keputusan, terutama seorang
manajer dalam suatu perusahaan. Saat
para manajer melakukan fungsi dan perannya, memerlukan dukungan informasi yang akurat, cepat dan tepat
agar dapat melakukan tugasnya secara efektif.
Hal ini akan terwujud apabila manajer memiliki keahlian dalam bidang komunikasi dan pemecahan masalah dengan
pengetahuan tentang computer dan
informasi. Selanjutnya pengelolaan informasi akan merupakan sebuah sistem, yang saling tergantung sekaligus
bersinergi antar berbagai komponen yang
membentuk sistem tersebut. Sistem ini dikenal dengan sistem informasi. Karena digunakan untuk membantu manajer
dalam mengambil kebijakan maka
disebut dengan sistem informasi manajemen.
Akibat perkembangan lembaga yang dikelolanya manajer
tidak hanya mengelola sumber
daya fisik saja, tetapi juga sumber daya konseptual. Sumber daya konseptual sangat abstrak
sehingga sulit untuk dikelola. Cara pengelolaannya
adalah dengan mengubah menjadi simbol-simbol yang memiliki
value (nilai), sehingga dapat dikalkulasi. Cara pengelolaan sumber daya koseptual ini yang paling tepat adalah
dengan menggunakan bantuan mesin,
dalam hal ini komputer. Dengan demikian sistem informasi manajemen akan lebih efektif apabila dikelola atau
berbasis komputer. Sistem informasi berbasis
komputer tersebut lebih dikenal sebagai (computer-based information system) atau CBIS.
I.
PENDAHULUAN
Jika organisasi memiliki sebuah tim yang bagus untuk
sebuah proyek, namun mereka
berada di tempat yang berjauhan, ada yang berada di Indonesia bagian timur, ada yang berada di Indonesia
bagian barat, ada yang sedang berada dalam perjalanan,
dan sementara itu, seorang manajer harus mengendalikan kelompok telekomuter dan para pegawai yang
berjumlah sedikit namun seringkali harus berdinas
luar. Kondisi tersebut mustahil untuk melakukan koordinasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi, apabila akan
dijangkau secara fisik. Namun dengan kemajuan
Information Tekhnology (IT) koordinasi tersebut menjadi sangt mungkin untuk dilakukan. Dengan hanya akses
Internet pada situs yang sama, maka semua orang
tersebut dapat melakukan komunikasi secara langsung sebagai bentuk dari koordinasi dalam dunia maya (virtual
word), dengan kata lain telah terjadi koordinasi dalam
"kantor elektronik" di Website. Alternatif lain yang menawarkan
solusi dalam melakukan
koordinasi melalui IT adalah dengan membuat kantor maya (virtual office) di Web. Biayanya relatif murah dan
bahkan semua orang dengan koneksi Internet dapat
menjadi bagian darinya.
Virtual Office merupakan Sebuah “ruang kerja” yang
berlokasi di dunia internet dengan kata lain tidak mempunyai kantor real,
dimana seorang individu dapat menyelesaikan tugas – tugas yang diperlukan untuk
melaksanakan bisnis tanpa memiliki lokasi usaha. Virtual Office merupakan lompatan
dari teknologi informasi. Kalau ditinjau lebih
mendalam, virtual office berangkat dari kebutuhan kepraktisan dan efisiensi di bidang komunikasi data. Untuk
menciptakan keunggulan kompetitif, organisasi mutlak
harus menguasai informasi lebih awal, akurat, dan komprehensif. Hal ini akan terwujud apabila pertukaran informasi
dapat dilakukan dengan baik. Berbagai penyempurnaan
peralatan dilakukan dalam melaksanakan pertukaran informasi, mulai dari yang sifatnya manual dan
kasat mata menjadi serba otomatis dan tidak kasat
mata (virtual). Otomatisasi sebenarnya dimulai di pabrik dan pada akhirnya menyebar ke kantor dalam bentuk
otomatisasi kantor (office automation), atau lebih dikenal dengan istilah OA. Pada awalnya,
OA dimaksudkan untuk membantu pekerjaan
yang bersifat adminsitratif (clerical), tetapi karena kemampuan OA untuk memudahkan komunikasi formal dan
informal dengan orang-orang di dalam dan di luar
perusahaan menarik para manajer dan profesional sebagai pemakai, maka selanjutnya semua pemakai ini
menggunakan OA untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.
Penyempurnaan sistem dan media dalam komunikasi
data, memungkinkan pegawai
tertentu untuk melakukan sebagian atau seluruh pekerjaannya di mana saja, termasuk di rumah masing-masing. Semakin
banyak pegawai yang bekerja di rumah dan
berkomunikasi dengan kantor mereka melalui media komunikasi, seperti surat elektronik (e-mail) dan transmisi
faksimil (fax), maka tidak lagi diperlukan kantor yang
secara fisik memerlukan space yang luas dan sarana yang komplit. Apabila suatu perusahaan melaksanakan pekerjaan
kantornya dengan cara ini, tempat kerjanya
disebut sebagai kantor maya.
Teknologi yang memungkinkan adanya kantor maya
adalah OA. OA dapat diterapkan
di berbagai bidang, di mana sebagian memerlukan penggunaan komputer, namun ada bagian lain yang tidak
memerlukan komputer. Namun, semuanya dapat menyediakan
informasi untuk pemecahan masalah bagi pegawai di semua tingkat, termasuk para manajer. Seorang manajer dapat
mengkombinasikan OA dengan perlengkapan
komputer dan OA tanpa menggunakan komputer, hal ini dipengaruhi oleh jenis organisasi, pilihan pribadi
manajer yang bersangkutan, dan sumber daya OA
yang tersedia. OA sangat menarik, karena tidak hanya melengkapi media komunikasi interpersonal tradisional
mereka, tetapi juga menawarkan kemampuan komunikasi
model baru. Tulisan ini mencoba menguraikan mengenai latar belakang OA sebagai awal mula kantor maya sampai
bagaimana memilih model kantor maya yang
potensial untuk dikembangkan.
II.
OTOMATISASI KANTOR
Asal mula otomatisasi dapat ditelesuri kembali ke
awal 1960-an, ketika IBM menciptakan
istilah word processing untuk mengungkapkan konsep bahwa kegiatan kantor berpusat pada pengolahan
kata-kata. Bukti nyata dari konsep baru ini dating pada tahun 1964, ketika IBM mulai
memasarkan mesin yang disebut Electric Typewriter
(ET). ET merupakan mesin tik IBM yang menampilkan elemen pengetikan berbentuk bola yang berputar. ET
merupakan mesin tik electric yang ditempel unit pita
magnetic. Saat juru ketik mengetik suatu huruf, informasi itu tersimpan pada pita. Huruf tersebut kemudian dapat
diketik berulang kali dari pita. Juru tik hanya mengetik
nama dan alamat penerima surat. Pada saat dicetak surat tersebut tampak seperti diketik asli secara keseluruhan.
Cara kerja seperti ini apabila dilakukan dengan komputer
menggunakan program word processing, saat ini dikenal dengan nama mail merge.
Sejak permulaan pengolahan data (word processing),
teknologi-teknologi lain telah
diterapkan untuk pekerjaan kantor, dan semuanya dikenal sebagai OA. OA mencakup semua sistem elektronik formal
dan informal yang terutama berkaitan dengan
komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan. Beberapa sistem OA
direncanakan secara formal, dan dapat mungkin didokumentasikan
dengan suatu prosedur tertulis. Sistem formal ini diterapkan di seluruh perusahaan untuk memenuhi
kebutuhan organisasi, mirip dengan Sistem Informasi
Manajemen (SIM).
Namun, sebagian besar sistem OA tidak direncanakan
secara formal atau diuraikan
secara tertulis. Sistem-sistem OA informal ini diterapkan mirip dengan Decision Suport System (DSS) yaitu sistem
yang akan dilakukan pada saat diperlakukan
oleh perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri. Kata kunci yang membedakan OA dari subsistem Computer
Base Information System (CBIS) lain adalah
komunikasi. OA dimaksudkan untuk memudahkan segala jenis komunikasi, baik lisan maupun tertulis. Sistem OA
masa kini memudahkan komunikasi tidak hanya di
antara orang-orang di dalam perusahaan, tetapi juga dengan orang lain di lingkungan perusahaan.
III.
KANTOR MAYA
Kemampuan OA untuk menghubungkan orang secara
elektronik telah membuka
cara baru melakukan pekerjaan kantor. Bahkan OA membuat pekerjaan kantor tidak perlu dikerjakan di kantor.
Sebaliknya, pekerjaan tersebut dapat dilakukan
di manapun saat itu pegawai berada. Istilah yang diberikan untuk kemampuan ini adalah kantor maya, yang
berarti bahwa pekerjaan kantor dapat dilakukan
di lokasi geografis manapun selama tempat kerja tersebut terhubung dengan lokasi tetap perusahaan melalui komunikasi
elektronik.
Kantor maya mulai muncul pada tahun 1970-an pada
saat komputer mikro dan peralatan
komunikasi mulai terjangkau secara personal sehingga memungkinkan seseorang bekerja di rumah. Pada saat
itu istilah teleprocessing digunakan untuk menjelaskan
komunikasi data, selanjutnya istilah telecomutting diperkenalkan karena kelihatannya hal itu merupakan
cara yang tepat untuk menggambarkan bagaimana
pegawai dapat “ulang-alik” (comutte) ke tempat kerja secara elektronik. Telecommuter pertama antara lain adalah
ilmuwan komputer seperti progamer sistem,
yang menyadari bahwa mereka dapat menciptakan perangkat lunak di rumah sama
seperti di kantor.
Keuntungan
Kantor Maya
Kantor maya mengatasi kendala fisik dari tempat
kerja sehingga menghasilkan beberapa
keuntungan, sebagai berikut:
1.
Pengurangan biaya fasilitas, perusahaan tidak harus memiliki kapasitas kantor yang besar, karena sebagian pegawai bekerja
di tempat lain, sehingga mengurangi
biaya sewa dan perluasan kantor.
2.
Pengurangan biaya peralatan, daripada menyediakan peralatan kantor bagi tiap pegawai, dengan telecommuter dapat
berbagi peralatan seperti halnya para peserta
dalam suatau LAN saling berbagi sumber daya.
3.
Jaringan komunikasi formal, karena telecommuter harus terus terinformasi dan mendapat perintah spesifik, jaringan
komunikasi mendapat lebih banyak perhatian daripada
biasanya. Dalam pengaturan kantor tradisional, sebagian besar informasi dikomunikasikan melalui percakapan dan
pengamatan. Meningkatnya perhatian pada
kebutuhan telecommuter berpotensi menghasilkan komunikasi yang lebih baik daripada jika semua pegawai bekerja
di lokasi tetap.
4.
Pengurangan penghentian kerja, apabila terjadi gangguan alam seperti: banjir, angin rebut, dan sejenisnya yang membuat
pegawai tidak mungkin pergi ke tempat
kerja, kegiatan perusahaan dapat terhenti. Namun, dengan kantor maya, sebagian besar pekerjaan dapat
dilanjutkan, asalkan jaringan suprastukturnya tidak
mengalami gangguan. Dalam hal ini listrik tidak padam, dan penyedia jasa komunikasi juga tidak mengalami
kemacetan.
5.
Kontribusi sosial, kantor maya memungkinkan perusahaan memperkerjakan pegawai yang tadinya tidak memiliki
peluang untuk bekerja. Orang cacat, lanjut usia
dan orang tua dengan anak-anak kecil dapat bekerja di rumah. Oleh karena itu kantor maya lebih memungkinkan
perusahaan menunjukkan tanggung jawab sosialnya.
Keuntungan kontribusi sosial dapat dibagikan ke pegawai yang tadinya tidak mungkin memperoleh pekerjaan,
sebelum kantor maya.
Kerugian
Kantor Maya
Jika perusahaan berkomitmen pada strategi kantor
maya, perusahaan itu melakukannya
dengan menyadari bahwa sebagian terdapat dampak negatifnya, antara lain:
1.
Rasa tidak memiliki, jika pegawai tidak kontak langsung dengan rekannya setiap hari,
mereka kehilangan perasaan menjadi bagian penting dari suatu organisasi.
2.
Takut kehilangan pekerjaan, karena pekerjaan pegawai dilakukan terlepas dari operasi perusahaan, pegawai mudah menganggap
bahwa mereka dapat dibuang sewaktu-waktu.
Mereka dapat berkesimpulan bahwa tiap orang dengan computer dan modem dapat melakukan pekerjaan itu
dan bahwa mereka mungkin menjadi korban
“pemecatan elektronik”.
3.
Semangat kerja yang rendah, sjumlah fakor dapat menyebabkan rendahnya semangat kerja pegawai. Fakor pertama
adalah tidak adanya umpan balik positif yang
berasal dari interaksi langsung dengan atasan dan rekan kerja. Faktor lain adalah kenyataan bahwa gaji telecommuter
cenderung lebih rendah daripada yang dibayarkan
pada pegawai di tempat kantor tetap.
4.
Ketegangan keluarga, apabila ada ketegangan di rumah telecommuter tidak dapat melarikan diri untuk beberapa jam.
Ketegangan juga dapat meningkat karena pasangan
dapat menganggap pekerjaan itu hanyalah cara untuk menghindari tanggung jawab rumah tangga.
Semua kerugian ini uniknya adalah kerugian bagi
pegawai. Perusahaan mungkin
tidak menyadari dampak negatif tersebut kecuali mereka memantau perasaan pegawai secara cermat. Oleh
karena itu supaya kantor maya berhasil, perusahaan
harus melakukan upaya khusus untuk memastikan bahwa pegawai tidak menderita.
Strategi
Kantor Maya yang Disarankan
Linda T. Risse, konsultan manajemen pada Synergy
Planning Incorporated, mengidentifikasi
beberapa kebijakan yang harus diikuti perusahaan agar mencapai keuntungan maksimum setelah memilih kantor
maya, sebagai berikut:
1.
Sediakan sumber daya komputer, apabila pegawai tidak dapat menyediakan seindiri perangkat keras dan perangkat
lunak, perusahaan harus menyediakannya.
2.
Sediakan akses ke sumber daya informasi, apabila riset merupakan bagian dari tanggung jawab telecommuter, perusahaan
harus menyediakan sumber daya informasi
yang diperlukan seperti database komersial dari internet.
3.
Sediakan perlengkapan nonkomputer, walaupun kantor maya didasarkan atas data elektronik, kepada pegawai harus diberikan
perlengkapan non-komputer yang
mereka perlukan untuk bekerja seperti: kalkulator, stapler, amplop surat, daftar telepon, manual prosedur, dan
sebagainya.
4.
Mengatur penerusan panggilan telepon, seseorang di situs kantor tetap harus
memiliki tanggung jawab untuk meneruskan panggilan telepon ke telecommuter.
Juga, perusahaan harus membuat penggunaan suara pesan telecommuters sistem
dapat mengakses dari rumah mereka.
5.
Gunakan konferensi telepon, konferensi telepon memungkinkan dua orang atau lebih
berpartisipasi dalam pembicaraan telepon pada saat yang sama. Atasan harus menjadwalkan konferensi telepon
secara teratur sehingga telecommuter berkesempatan
terlibat dalam interaksi langsung dua arah.
6.
Jadwalkan pertemuan rutin, perusahaan harus menjadwalkan pertemuan yang perlu dihadiri semua orang. Pertemuan
tersebut dimaksudkan untuk memperkuat rasa
kebersamaan di antara pegawai dan harus dijadwalkan sesering mungkin agar tujuan tersebut tercapai.
7.
Lakukan rutinitas kerja, telecommuter harus berkomitmen untuk bekerja sekian jam sehari, idealnya di suatu ruangan
yang jauh dari gangguan. Teman dan saudara
harus memahami bahwa telecommuter itu sedang bekerja walau ia ada di rumah.
Strategi yang terakhir harus diterapkan oleh
pegawai, yang lain adalah tanggung
jawab perusahaan. Karena itu agar berhasil kantor maya menuntut kerja sama baik dari perusahaan maupun
pegawai. Mungkin saja, kantor maya menuntut dedikasi
yang lebih besar dari pegawai daripada yang dituntut kantor tetap. Kantor maya bukanlah untuk semua orang. Jika
pegawai tidak dapat mendisiplinkan dirinya untuk
melakukan pekerjaan tanpa pengawasan dan motivasi, pekerjaan itu tidak dapat dilaksanakan. Untuk pegawai yang
memilih bekerja sendiri, kantor maya merupakan
pengaturan ideal.
IV.
ORGANISASI MAYA
Dengan banyaknya inovasi di industri komputer, apa
yang dahulu mulai sebagai
suatu penerapan dalam skala kecil akhirnya dikenal sebagai suatu strategi yang perlu diikuti dalam skala besar.
Gagasan kantor maya dapat dikembangkan untuk
diterapkan pada perusahaan secara keseluruhan atau pada organisasi, sehingga lebih dikenal dengan istilah
organisasi maya. Dalam organisasi maya, operasi
di seluruh perusahaan dirancang sehingga tidak terikat pada lokasi fisik. Sebenarnya
hal ini dapat menjadi strategi yang baik untuk diikuti oleh berbagai jenis perusahaan, dalam meningkatkan efisiensi
keseluruhan perusahaan tersebut.
Dampak
Sosial dari Organisasi Maya
Walaupun kantor maya dan organisasi maya terutama
dimaksudkan sebagai strategi
bisnis, konsep tersebut mungkin akhirnya juga berdampak dramatis pada masyarakat. Industri yang paling
tertarik pada konsep kantor maya dan organisasi maya
adalah industri yang memberi nilai tambah dalam bentuk informasi, ide, dan kecerdasan (intelligence). Contohnya
adalah pendidikan, perawatan kesehatan, hiburan,
wisata, olah raga, dan konsultasi. Dengan semakin banyaknya industri ini yang tertarik pada kantor maya, gerakan
tersebut dapat mempengaruhi cara hidup dan
kerja hampir setiap orang. Dampak ini akan sangat jelas dalam penampilan fisik dan
fungsi kota sebagai sentral seluruh kegiatan. Kantor maya dan organisasi maya akan mengurangi permintaan atas
gedung-gedung pencakar langit dan penglaju (commuters),
sehingga kota-kota metropolitan maupun megapolitan akan lebih tenang dan lebih nyaman sebagai tempat
tinggal untuk didiami.
Agar dampak menguntungkan tersebut dapat terjadi,
maka setiap orang harus berperan
serta secara aktif. Para pekerja di semua tingkatan harus memiliki pengetahuan dan keahlian yang diperluakan
untuk berhasil dalam kantor maya dan organisasi
maya. Untuk memperoleh tingkat kemampuan yang tinggi itu, peranan lembaga pendidikan sangat penting pada
semua tingkatan, dan pemerintah harus mendorong
perubahan tersebut.
V.
MODEL OA
Dalam gambar model OA di
atas tidak terjadi aliran data tetapi hanya ada aliran komunikasi dan
informasi. Pengertian data sendiri adalah penggambaran dari segala sesuatu dari
sebuah kenyataan maupun kejadian. Melalui proses pengolahan data, sebuah data
menjadi lebih bermanfaat bagi penggunanya dan disebut sebagai informasi.
Pengertian komunikasi adalah adanya saling tukar menukar informasi antara dua
obyek atau lebih.
Untuk lebih menekankan
pemahaman tentang model OA, akan dibagi dalam dua komponen utama yaitu komponen
database dalam OA dan komponen Aplikasi dalam OA.
v Komponen database dalam OA
Dalam gambar model di
atas database adalah kumpulan data yang terintegrasi dari seluruh sumber daya
dalam perusahaan, baik sumber daya masukan, proses maupun output. Data yang
sudah terproses menjadi informasi dalam database juga didapatkan dari
lingkungan sistem perusahaan serta data-data hasil olahan dari para manager
sebagai problem solver. Untuk dapat mengumpulkan data dalam database harus
melalui proses pengolahan data menggunakan komputer. Pengolahan data meliputi :
- Mendapatkan
data, yaitu dengan :
- Mendokumentasikan setiap
transaksi
- Kejadiannya apa?
- Kapan terjadinya?
- Berapa banyak dan berapa
nilainya?
- Keterangan tentang transaksi
- Memanipulasi
data, yaitu dengan :
- Mengklasifikasikan (dengan
diberi kode)
- Diurutkan
- Dihitung
- Ditotal
- Menyimpan
Data
- Menggambarkan setiap transaksi
- Dalam bentuk database
- Menyiapkan
dokumen
- Terbentuk dalam kategori :
- Berdasarkan jenis kejadiannya
- Berdasarkan waktu kejadiannya
Untuk melihat sebuah
database dapat dibedakan dari dua sudut pandang, yang pertama dari sudut
pandang pemakai database dan dari sudut pandang perancang database. Dari sudut
pandang pemakai database dilihat dalam bentuk file dengan struktur data dan
record yang siap dipakai untuk diisi, dikoreksi, dikurangi atau mengolahnya
menjadi laporan.
Dari sudut perancang
dibedakan lagi pada tingkat phisik dan logik. Pada tingkat phisik seorang
perancang database harus menentukan jenis dan kapasitas penyimpan
serta media cadangan (backup) yang digunakan. Pada tingkat
logik seorang perancang database harus menentukan entitas data apa saja yang
terlibat dalam sistem, relasi antar entitas dan ketergantungannya, atribut dari
setiap entitas serta atribut dari relasi yang terbentuk. Pada sudut pandang
logik ini akan terbentuk file-file atau tabel-tabel yang saling berkaitan satu
sama lain dan membentuk satu kesatuan.
Contoh tabel dalam suatu
database dapat dilihat dalam contoh menggunakan Microsoft Excell berikut ini :
Gambar Tabel Barang
Tabel tersebut, dapat
juga dikaitkan dengan tabel lain, dapat diolah lagi menjadi
informasi lain yang diperlukan oleh pengguna atau pemecah masalah. Misalnya
untuk menjawab berapa nilai penjualan Jenis Supra X, tabel Barang dikaitkan dengan
tabel Harga untuk jenis yang sama akan didapatkan nilai penjualan.
Gambar Tabel Penjualan,
hasil hubungan Tabel Barang dan Tabel Harga
v Komponen Aplikasi dalam OA
Aplikasi dalam OA
dibedakan menjadi dua macam yaitu aplikasi perkantoran menggunakan peralatan
elektronik non komputer dan aplikasi perkantoran menggunakan komputer. Dalam
banyak hal fungsi dari kedua jenis aplikasi di atas adalah sama hanya
peralatannya saja yang berbeda.
Aplikasi-aplikasi dalam OA adalah :
o Word processing
o Electronic and voice mail
o Computer calendaring
o Audio conferencing
o Video conferencing
o Computer conferencing
o FAX
o Videotex
o Imaging
o Desktop publishing
· Word Processing
Penggunaan perangkat komputer yang menghasilkan berbagai tugas
pengetikan dan pencetakan dokumen secara otomatis.
Gambar Sistem Word Processor
Sekretaris atau manajer
melakukan pengetikan melalui terminal, dari sini sebuah dokumen yang disiapkan
(diketik) dapat dilakukan pengeditan terlebih dahulu, sebelum disimpan ke dalam
komputer. Dokumen juga dapat diambil atau disimpan dalam media penyimpanan
luar. Jika diperlukan dapat dibuat hard copy dalam cetakan
printer. Hasil cetakan ini dapat diberikan kepada manajer sebagai bahan
persiapan agar komunikasi dapat berjalan lebih efektif. Dalam perkantoran
modern dokumen tidak mesti harus dicetak, namun dapat di attach dari
komputer lain yang terhubung dalam satu jaringan komputer.
· Electronic and voice mail
Voice mail, adalah
sarana yang disediakan oleh penyedia layanan telpon kepada pelanggan untuk
dapat meninggalkan pesan dalam sebuah mail-box apabila telpon
yang dituju tidak dapat dihubungi. Mail-box yang berisi
pesan-pesan ini dapat dipanggil oleh pemilik telpon untuk mendengarkan
pesan-pesan yang diterima dan telah tersimpan di dalamnya.
Electronic mail atau
sering disingkat e-mail, konsepnya sama dengan voice mail, hanya saja terjadi
antar pengguna komputer yang terhubung dalam satu jaringan komputer. Seorang
pengguna e-mail mempunyai mail-boxatau folder disebuah mail-server yang
terhubung 24 jam dalam jaringan komputer. Pengguna lain dapat mengirimkan pesan
ke dalam mail-box dengan menyebutkan alamat e-mail yang dituju
walaupun si pemilik mail-box tidak sedang terhubung dalam jaringan komputer.
Untuk membaca pesan-pesan yang diterima, seorang pengguna harus membuka mail-boxnya.
· Computer calendaring
Apabila anda pernah
menandai kalender di rumah untuk suatu agenda kegiatan, computer calendaring
punya analogi seperti itu. Jadwal kegiatan maupun perjanjian dengan kolega
dapat disimpan dalam komputer, pada saat atau sebelum kegiatan komputer akan
mengingatkan manajer tentang perjanjian maupun kegiatan tersebut melalui
penanda (alarm).
Sebuah perjanjian dapat
dikirimkan atau diakses oleh pihak lain yang terhubung dalam jaringan komputer,
penandaan kegiatan akan diberikan ke semua komputer yang mencatat kegiatan
tersebut.
· Audio conferencing
Bila anda anggota ORARI
atau organisasi sejenis, secara tidak sadar anda pernah melakukan audio
conferencing. Audio Conferencing adalah pemanfaatan peralatan komunikasi suara
untuk menghubungkan orang-orang pada tempat yang terpisah untuk dapat melakukan
pembicaraan pada suatu topik tertentu.
Peralatan audio pada akhir dekade ini, perannya dapat diganti
menggunakan komputer yang mempunyai kemampuan audio. Audio channel digantikan
oleh komputer yang dilengkapi dengan Chat Server.
· Peralatan telpon saat ini juga mempunyai kemampuan untuk melakukan
konferensi atau digunakan secara “tri partit”. Kemampuan telpon semacam ini
bisa dalam komunitas lokal menggunakan PABX, atau layanan yang diberikan
penyedia jasa telpon (TELKOM).
· Video conferencing
Video Conferencing
adalah penggunaan televisi serta peralatan audio visual untuk menghubung
partisipan konferensi yang lokasinya saling terpisah.
Pelaksanaannya dapat dengan cara :
o One-way video dan two-way audio
o One-way video dan audio
o Two-way video dan audio
Kegiatan seperti ini juga sudah dapat digantikan menggunakan
peralatan komputer yang mempunyai kemampuan audio visual.
· Computer conferencing
Seperti telah
diterangkan sebelumnya, computer yang terhubung dalam satu jaringan dapat
saling berkomunikasi, baik text, audio maupun audio-visual. Pemanfaatan
jaringan internet semakin memudahkan pengguna komputer untuk melakukan hal ini.
Tersedia banyak ruang diskusi berupa board services maupun chat
channel yang disediakan oleh portal dalam internet. Board
Sevice adalah layanan untuk saling berkirim pesan atau pendapat pada
satu topik tertentu yang tidak interaktif. Chat channel adalah
sarana bertukar pesan secara interaktif.
· FAX
Fax adalah alat yang
mempunyai kemampuan membaca dokumen pada satu sisi lain dari saluran komunikasi
dan membuat salinannya pada satu sisi lainnya. Kemampuan ini juga sudah
diadaptasi oleh komputer. Untuk keperluan ini komputer harus diberi kemampuan
membaca dokumen, yaitu dengan ditambahkan peralatan Scanner, selain
harus terhubung ke jaringan telpon menggunakan Modem. Hasil
penerimaan fax pada komputer dapat dilakukan dengan hanya menampilkannya di
layar monitor atau dicetak ke printer.
· Videotex, Imaging dan Desktop publishing
Ketiga hal ini sudah
bukan merupakan hal baru dalam pemanfaatan teknologi komputer saat ini.
o Videotex adalah kemampuan memindahkan dan menyimpan narasi text
dan gambar grafik ke dalam layar monitor.
o Imaging adalah kemampuan memindahkan, menyimpan dan menampilkan
kembali image atau citra kedalam format digital dalam
komputer.
o Dekstop Publishing adalah kemampuan komputer untuk menghasilkan
keluaran yang sangat halus mendekati kemampuan typesetter (dalam
layout cetakan).
Aplikasi OA microfilm telah mengalami perubahan
teknologi besar-besaran yang
dinamakan pencitraan. Pencintraan (imaging), seperti yang digunakan sekarang, merupakan penggunaan pengenal karakter
optis (optical chacaracter recognition)
untuk mengubah catatan-catatan kertas atau microform menjadi format digital untuk disimpan di dalam alat
penyimpanan sekunder. Setelah disimpan, citra tersebut
dapat diambil untuk ditampilkan atau dicetak.
VI.
PERSPEKTIF KANTOR MAYA
Aplikasi otomatisasi kantor membuat informasi
tersedia bagi pemecah masalah dalam
bentuk salinan kertas, tampilan layar, audio dan video. Informasi ini dapat menghubungkan manajer dengan orang lain
yang berlokasi di mana pun, pada tingkat
hierarki organisasi yang lebih tinggi (atasan), pada tingkat yang lebih rendah (bawahan), pada tingkat yang sama
(sejawat), dan pada lingkungan. Orang lain tersebut
dapat berada di ruang kantor maya atau tetap.
Aplikasi OA, yang dilakukan baik di lingkungan
kantor tetap maupun kantor maya,
berfokus pada inti pemecahan masalah bisnis-komunikasi interpersonal. Dari semua informasi yang digunakan dalam
memecahkan suatu masalah, komunikasi interpersonal
merupakan bagian terbesar dan paling dihargai. Manajer dan spesialis informasi perlu memandang OA menawarkan
peluang komunikasi yang lebih baik daripada
menggunakan media tradisional.
VII.
PENUTUP
Kemajuan jaman ditandai
dengan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk di dalamnya
kemajuan di bidang Information Tekhnology (IT). Dengan kemajuan IT
koordinasi yang dilakukan pimpinan organisasi atau manajer tidak harus
bertemu secara langsung dengan bawahannya. Melalui akses Internet pada
situs yang sama, maka semua orang yang berada dibawah kendali
pimpinan atau manajer organisasi dapat melakukan komunikasi secara
langsung sebagai bentuk dari koordinasi dalam dunia maya (virtual word),
dengan kata lain telah terjadi koordinasi dalam "kantor elektronik"
di Website. Koordinasi melalui IT bahkan dapat ditingkatkan dengan membuat
kantor maya (virtual office) di Web dengan biaya yang relatif murah.
Virtual Office merupakan
lompatan teknologi informasi. Kalau ditinjau lebih mendalam, virtual
office berangkat dari kebutuhan kepraktisan dan efisiensi di
bidang komunikasi data. Untuk menciptakan keunggulan kompetitif,
organisasi mutlak harus menguasai informasi lebih awal, akurat, dan
komprehensif. Hal ini akan terwujud apabila pertukaran informasi dapat
dilakukan dengan baik. Berbagai penyempurnaan peralatan dilakukan dalam
melaksanakan pertukaran informasi, mulai dari yang sifatnya manual dan
kasat mata menjadi serba otomatis dan tidak kasat
mata (virtual). Penyempurnaan sistem dan media dalam komunikasi data,
memungkinkan pegawai tertentu untuk melakukan sebagian atau seluruh
pekerjaannya di mana saja, termasuk di rumah masing-masing. Semakin banyak
pegawai yang bekerja di rumah dan berkomunikasi dengan kantor mereka
melalui media komunikasi, seperti surat elektronik (e-mail) dan transmisi
faksimil (fax), maka tidak lagi diperlukan kantor yang secara fisik
memerlukan space yang luas dan sarana yang komplit. Apabila suatu
perusahaan melaksanakan pekerjaan kantornya dengan cara ini, tempat
kerjanya disebut sebagai kantor maya.
Teknologi yang
memungkinkan adanya kantor maya adalah OA. OA dapat diterapkan di berbagai
bidang, di mana sebagian memerlukan penggunaan komputer, namun ada bagian
lain yang tidak memerlukan komputer. Namun, semuanya dapat menyediakan
informasi untuk pemecahan masalah bagi pegawai di semua tingkat, termasuk
para manajer. Seorang manajer dapat mengkombinasikan OA
dengan perlengkapan komputer dan OA tanpa menggunakan komputer, hal ini
dipengaruhi oleh jenis organisasi, pilihan pribadi manajer yang
bersangkutan, dan sumber daya OA yang tersedia. OA sangat menarik, karena
tidak hanya melengkapi media komunikasi interpersonal tradisional mereka,
tetapi juga menawarkan kemampuan komunikasi model baru.
DAFTAR
PUSTAKA
Raymond McLeod,
Jr. dan George Schell. 2004. Sistem
Informasi Manajemen (terjemahan) Jakarta: PT Indeks
10 komentar:
Jangan lupa tinggalkan komentar Anda :) Terimakasih sudah mengunjungi blog saya . Semoga bermanfaat .
ohhh gitu yah
The information on this topic is really one particular of the most effective substance that We have actually appear throughout. I adore your publish thanks a lot.
virtual office services in new jersey
virtual office dapat membantu perkembangan bisnis anda, terutama untuk perusahaan perusahaan yang ingin test pasar atau sedang mengembangkan cabang, MESO Virtual Office merupakan salah satu jasa yang dapat digunakan oleh perusahaan anda
I think this is one of the most important information for me.
And i'm glad reading your article. But want to remark on some general things, The website style is perfect, the articles is really nice : D. Good job, cheers
virtual office services in new jersey
Top accounting firms in nj
This is a brilliant writing and very pleased to find this site. I couldn’t discover to much different information on your blog. I will surely be back again to look at some other important posts that you have in future.
postadres rotterdam
Your blog really very fantastic and all the information are very awesome and great it's really interesting all the topic about the work motivation.
adres zakelijk
kantor virtual akan jadi trend kaum urban di era digital saat ini, nice artikel btw
Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura
Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
dan jg nama besar Beliau
tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
Saya bilang saya terlantar disingapur
tidak ada ongkos pulang.
dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
setelah saya kirim biaya ritualnya.
beliau menyuruh saya untuk menunggu
sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat
~~~Hub;~~~
Call: 0823 5329 5783
WhatsApp: +6282353295783
Yang Punya Room Trimakasih
----------
1xbet korean - Sportsbook Review, Bonus Code, Bonus Offer
1xbet korean ➤ ラッキーニッキー Latest promotions ✓ Register for real-time betting ✓ matchpoint Bet 1xbet with real money1xbet korean ➤ Mobile app.
Posting Komentar